Senin, 07 Maret 2011

kerangka acuan program yanmed

KERANGKA ACUAN

        I.   I.       PENDAHULUAN
                Pengembangan kesehatan merupakan bagian integral  dan terpenting dari pembangunan nasional. Tujuan diselenggarakannya pembangunan nasional adalah meningkatkan kesadaran, kamauan dan kemampuan hidip sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan tersebut diselenggaran berbagai upaya kesehatan secara menyeluruh, berjenjang dan terpadu. Puskesmas adalah penanggung jawab penyelenggara upaya kesehatan untuk jenjang tingkat pertama.
                Keberhasilan pembangunan, Khususnya dibidangkesehatan antara lain ditandai dengan angka kematian ibu dan angka kematian bayi telah berhasil diturunkan dan sementara umur harapan ibu rata-rata meningkat secara bermakna. Di Jawa Tengah angka kematian ibu 252/100.000 KH (2005), angka kematian bayi 39/1000 KH (2005), semntara umur harapan hidup rata-rata meningkat dari 65 th pada tahun 2000 menjadi 67,8 tahun 2005 (Profil Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah)
                Seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya pendidikan masyarakat dalam era globalisasi ini puskesmas dituntut untuk menyediakan pelayanan yang bermutu.
                Puskesmas dapat dikatakan telah bermutu apabila dalam melayani masyarakat telah sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditentukan dan pelanggan merasa puas. Sesuai atau tidaknya puskesmas melaksanakan standar selama ini dilakukan dengan menghitung “Compliance Rate” bagi puskesmas yang telah melaksanakan  Quality Insurence (QA). NAmun bagi puskesmas yang belum melaksanakan QA bias dilakuakn dengan menyebarkan angket kepuasan pelanggan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa sampai saat ini terdapat berbagai keragaman mutu pelayanan di puskesmas.
                Sehubungan dengan hal tersebutdan mengacu pada pola penilaian akreditsai rumah sakit diterapkan pula penilaian akreditasi untuk puskesmas. Adapun rangkaian kegiatan akreditasi puskesmas meliputi : penilaian akreditasi puskesmas terhadap 7 pokja yang ada ; admen, yanmed, KIA / KB, promkes, P2, kesling, gizi.
Pokja yanmed merupakan salah satu pokja di puskesmas yang dapat di katakana sebagai wajah puskesmas, karena meliputi pelayanan medik dasar yang dimulai dari loket, pemeriksaan kesehatan di PU, laborat, obat, sampai dengan pelayanan selesai.

      II.            TUJUAN
a.       Tujuan Umum
1.       Meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat
2.       Meningkatkena kepuasan pelanggan/ konsumen puskesmas.

b.      Tujuan Khusus
1.    Melaksanakan program-program sesuai dengan standart akreditasi puskesmas.
2.    Melaksanakan pembenahan administrasi dan sistim manajemen puskesmas.
3.    Membuat komitmen yang diikuti dan di patuhi oleh seluruh staf  anggota pokja yanmed dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas

    III.            SASARAN
Sasaran kegiatan di pokja yanmed, meliputi :
a.    Unit yang ada pada pokja yanmed :
-loket
-PU
-laborat
-obat
b.    Seluruh staf pokja yanmed terlibat sebagai pelaku implementasi sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.
c.     Semua sarana dan prasarana  di lingkup pokja yanmed

    IV.            KEGIATAN
Kegiatan di pokja yanmed mendapat alokasi dana untuk :
1.       Pemenuhan  alat tulis kantor untuk kelengkapan dokumen, pembuatan SOP,  data dinding, data publikasi, dan papan informasi.
2.       Pemenuhan kebutuhan untuk kelengkapan sarana dan prasarana penunjang.
3.       Biaya studi banding untuk pemenuhan dan pemantapan kinerja pokja

      V.            WAKTU PELAKSANAAN
Dimulai sejak diberikan SK tentang pembentukan Tim Akreditasi Puskesmas yang terdiri dari 7 pokja,  didalamnya termasuk pokja yanmed

    VI.            BIAYA
a.     Belanja BAhan Bakar Minyak/Gas untuk studi banding
      -
b.    Belanja ATK
-
c.     Belanja Cetak dan penggandaan
-

d.    Belanja Pemenuhan sarana dan prasarana
-

  VII.            OUT PUT
1.       Pelaksanaan kegiatan di pokja yanmed sesuai dengan  standart akreditasi puskesmas
2.       Ada komitmen dari petugas di pokja yanmed puskesmas memberikan pelayanan  kesehatan yang berkualitas dan yang terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar